Tips beli CD – R

Di tengah maraknya merek CD-R (CD-Recordable) yang beredar, bagaimana cara menentukan baik tidaknya sebuah CD-R? Jangan-jangan CD-R yang dibeli tidak bisa menyimpan data dengan baik! Atau, bahkan ternyata sama sekali rusak sebelum bisa dipakai.

Bagi yang awam, hal utama yang mereka pikirkan adalah harganya yang murah! Kalau anda termasuk golongan pembeli yang macam begini, anda salah besar! Sekarang ini ada kecenderungan, harga CD-R makin menurun. Tapi kalau ada CD-R yang harganya sangat-sangat miring, itu perlu dicurigai. Kenapa? Karena jenis yang macam begini biasanya berkelas jauh di bawah CD-R yang berkualitas. Memang, tidak semua jenis CD-R murahan begini berkualitas seadanya. Ada pula yang bagus, tapi itu tadi, anda harus jeli dalam memilih. Ada seorang pembeli yang menyumpah serapahi nasibnya lantaran membeli CD kacangan dalam jumlah ombyokan. Dari 10 CD yang dibelinya, yang jalan cuma 6 biji.

Nah, kalau ingin membeli sebuah CD-R kosong, mudah saja membuat standarnya. Beginilah triknya.

1. Perhatikan kondisi fisiknya
Periksa apakah bagian bawah CD-R yang akan dibeli mulus tanpa goresan. Ya, kalau lapisan CD-R yang akan ditembakkan sinar laser sudah ada goresan, lebih baik jangan dibeli. Kondisi ini bisa membuat CD-RW drive susah membakar CD-R yang bersangkutan. Kalaupun bisa, data yang akan di-copy tidak bisa terekam semua. Tak lupa, periksa juga apakah ada butiran debu pada CD-R yang akan dibeli. Jangan sampai karena hal kecil begini bisa membuat proses pembakaran maupun pembacaan terganggu. Akibat sampingan lainnya yang lebih berbahaya adalah kemungkinan rusaknya optik CD-ROM drive anda! Repotnya, CD-R bermerek disertai kemasan plastik. Akibatnya, calon pembeli tak bisa melihat kondisi fisik produk yang akan mereka beli. Untuk itu, anda bisa tanyaka, apakah CD yang dibeli bisa ditukar bila ternyata CD di dalamnya tergores atau rusak.

2. Perhatikan warna dasarnya
Hal kedua yang juga penting untuk diperhatikan adalah warna dasar dari CD-R yang akan anda beli. Warna ini mempengaruhi kemampuan CD untuk dibakar maupun kemampuan CD tersebut untuk menyimpan data. CD-R sendiri sebenarnya memiliki empat lapisan. Lapisan pertama adalah lapisan dasar yang terbuat dari plastik. Lapisan kedua adalah lapisan warna yang meleleh saat CD akan “dibakar”. Lapisan ketiga adalah lapisan reflektor, dan terakhir adalah lapisan pelindung. Lapisan warna dan reflektor inilah yang kemudian akan membentuk warna dari CD yang akan dibakar. Nah, lapisan reflektor inilah yang penting. Saat ini baru ada dua bahan reflektor yang dipakai yaitu lapisan emas dan perak. Banyak merek CD-R lebih memilih lapisan emas ketimbang perak karena lapisan emas tidak mudah teroksidasi. Bila reflektor ini teroksidasi, maka kemampuannya memantulkan cahaya kana berkurang karena akan timbul flek hitam. Akibatnya, CD-R yang lama disimpan tidak akan bisa dibaca maupun ditulisi.

3. Amati lapisan pelindungnya
Lapisan pelindung yang merata sampai ke pinggir akan semakin baik. CD-R dengan lapisan pelindung hingga ke pinggiran piringan akan semakin tahan lama. Nyatanya, semua jenis dan merek CD punya lapisan pelindung yang berbeda-beda jaraknya dari pinggiran keping CD. Kalau anda jeli memperhatikan, pada beberapa merek, lapisan pelindung ini bahkan hanya berjarak kurang dari satu milimeter. Nah, kalau dapat CD-R yang seperti ini, boleh juga dipertimbangkan untuk dibeli.

4. Periksa kompabilitas CD-R terhadap CD-RW drive
Pada CD-RW drive terbaru, kemungkinan masalah ini secara otomatis bisa diatasi karena kemampuan rekamnya sudah sedemikian tinggi, selain juga kompabilitasnya terhadap jenis CD-R sudah kian bagus. Tapi pada drive lama, kompabilitas ini patut juga diperhatikan. Sebagian besar CD-R bermerek yang ada di pasaran sudah kompatibel dengan CD-RW drive berkecepatan 1X hingga 12X. CD-R yang macam begini boleh juga dilirik!

5. Tentukan kapasitas simpan yang anda inginkan
Saat ini anda bisa memilih CD-R yang berkapasitas 650MB hingga 700MB. Dari segi harga, antara kedua kapasitas ini tidaklah terlalu jauh. Memang disarankan anda membeli CD-R dengan kapasitas 700MB supaya data yang disimpan bisa lebih banyak.

6. Kemasan pembungkus juga penting
Yang tidak kalah pentingnya kemasan pembungkus. Kalau beli CD yang berharga 2 ribu perak, sudah pasti anda tidak akan mendapat pembungkus, kecuali tas plastik. Anda harus beli kotak pembungkusnya sendiri (rerata harganya 1500 perak). Akan lebih baik kalau anda membeli CD-R bermerek. Pada CD jenis ini, produsen biasanya menyertakan juga berbagai macam keterangan tambahan seperti petunjuk pemakaian yang benar, di samping juga cara-cara pemeliharaan produk yang satu ini agar tetap awet.

7. Tanyakan garansinya
Terakhir, tanyakan pada penjual, apakah CD-R yang anda beli bisa ditukar jika ternyata sebelum “dibakar” CD tersebut sudah rusak duluan. Ada beberapa merek yang memberi jaminan. Garansi pada CD-R bermerek juga tidak boleh diremehkan begitu saja. Ibarat membeli kucing dalam karung, kondisi fisik produk tersebut tidak bisa dilihat karena terbungkus plastik! Nah, dengan jaminan semacam ini, hak anda akan terjamin ketika anda mendapati CD-R yang dibeli ternyata sudah rusak sebelum pemakaian. Kalau anda beli CD-R blank kelas ecek-ecek, tentu saja tidak ada garansi. Ibarat orang bilang, “Naik bus bayar 500 kok minta selamet!” begitu pula yang terjadi bila anda beli CD-R murahan tak bermerek. Kalau rusak, ya tanggung sendiri!

Sumber: Tabloid PCplus

Smoga bermanfaat

2 responses to “Tips beli CD – R

  1. Ada sedikit pengalaman.Dulu kualitas CD-R sangat bagus (termasuk yg harga murah spt GT pro blank), tapi mulai pertengahan tahun 2007 ini kualitas CD-R mulai jelek (ini terbukti kemarin saya membeli CD-R merk GT-Pro yang biasanya bagus itu ternyata pas saya buka lapisan dalamnya ngak mulus lagi tapi belang kaya cd bajakan!!! sungguh mengecewakan karena saya biasa membeli 1 tabung isi 50psc,otomatis barang yang sdh dibeli ngak bisa ditukar/dikembalikan). Sebenarnya ada yang lebih bagus & lebih murah daripada GT-pro yaitu PRINCO yang warna putih,tapi sayang sekarang udah ngak di produksi lagi. Mungkin ada pendapat dari netter sekalian yg juga berpengalaman dg CDR?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s